Ihwal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini

- 19.33

Ihwal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini

 

Sahabat Abdima, Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran Tahun Ini akan diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK). Hal yang telah di sebutkan ditegaskan oleh Menteri Pendidikan serta Kebudayaan melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun Ini Ihwal Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran Tahun Ini.
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini
Berikut dibawah ini Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun Ini :
Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 1 Tahun Ini sebagaimana yang telah di sebutkan diatas, tertanggal 12 Januari 2017 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah serta PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran Tahun Ini.
Beberapa hal yng disampaikan oleh Dirjen Pendis dalam surat edaran yang telah di sebutkan antara lain :
  1. Satuan Pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam baik Madrasah ataupun Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajar Dikdas (PPS Wajar Dikdas) yng siswanya akan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran Tahun Ini diwajibkan melakukan upload data EMIS Tahun Pelajaran Tahun Ini.
  2. Batas akhir waktu upload data EMIS dari setiap satuan pendidikan paling lambat tanggal 19 Januari 2016.
  3. Sesudah melakukan upload data EMIS, Madrasah serta PPS Wajar Dikdas bisa mengunduh data calon peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran Tahun Ini berbasis data EMIS melalui Software Verval Peserta UN Online pada laman: http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/.
  4. Sebagaimana arahan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan, pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran Tahun Ini diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehubungan yang dengannya hal yang telah di sebutkan, Madrasah yng mempunyai kesiapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pelaksanaan UNBK diharapkan bisa mendaftarkan diri menjdai pelaksana UNBK ke Dinas Pendidikan setempat.
  5. Disamping itu, didasari data kepemilikan laboratorium serta komputer yng terinput dalam database EMIS, kami pula menyarankan beberapa MTs serta MA bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa melaksanakan UNBK Tahun Pelajaran Tahun Ini.
  6. Kanwil Kemenag Provinsi diharapkan bisa berkoordinasi yang dengannya Kankemenag kabupaten/kota bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera melakukan verifikasi terkait kesiapan Madrasah-madrasah yng direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaksanakan UNBK sebagaimana dimaksud pada point 5 (lima) sebelum ditetapkan menjdai madrasah Pelaksana UNBK Tahun Pelajaran Tahun Ini.
  7. Kankemenag Kabupaten/kota agar segera berkoordinasi yang dengannya Dinas Pendidikan setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengintruksikan serta menetapkan Madrasah serta PPS wajar Dikdas yng belum bisa melaksanakan UNBK dimadrasahnya sendiri, agar siswanya mengikuti UNBK ditempat pelaksanaan UNBK yng berada radius maksimal 5 (lima) kilometer.
  8. Kemendikbud sudah menyiapkan software pada laman http://spasial.datakemendikbud.go.id/unbk/ yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan proses pemanfaatan bersama fasilitas komputer madrasah/sekolah.
  9. Batas waktu pengiriman data calon peserta Ujian Nasional Madrasah serta PPS Wajar Dikdas berbasis data EMIS ke dalam software BIO-UN serta penyampaian kesiapan pelaksanaan UNBK di lingkungan Madrasah serta PPS Wajar Dikdas dari Kanwil Kemenag Provinsi serta/ataupun Kankemenag Kabupaten/Kota ke Dinas Pendidikan Provinsi serta/ataupun Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 20 januari 2017.
Demikian isi dari Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 141/DJ.I/Set.I/PP.00.6/1/2017 Perihal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah serta PPS Wajar Dikdas Tahun Pelajaran Tahun Ini. Andai berminat ingin mempunyai file surat edaran yang telah di sebutkan silahkan unduh DISINI
Demikian info Ihwal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini, mudah-mudahan proses pendataan calon peserta UN tahun ini berjalan yang dengannya lancar serta mudah-mudahan berita ini ada manfaatnya._Abdi Madrasah

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.abdimadrasah.com/2017/01/tentang-persiapan-pelaksanaan-ujian-nasional-pada-madrasah-tahun-pelajaran-2016-2017.html

Seputar Ihwal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ihwal Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pada Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini