Panduan Lengkap Verval SP Melalui Layanan EMIS serta Semisal Pengisiannya

- 02.48

Panduan Lengkap Verval SP Melalui Layanan EMIS serta Semisal Pengisiannya

 


Sahabat Al Falah,


Berbeda yang dengannya tahun-tahun sebelumnya, pendataan EMIS secara online bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahun pelajaran Tahun Ini ini diawali yang dengannya proses verifikasi serta validasi Satuan Pendidikan / Lembaga. Verval SP melalui layanan EMIS yng diluncurkan oleh Ditjen Pendis ini adalah satu dari sekian banyaknya upaya Skema Pengembangan Integrasi/Sinkronisasi Data yng di lakukan oleh Kemenag menjdai bagian dari interkoneksi data yng dalam database EMIS, Simpatika, Data Pokok Kemendikbud ataupun Data Eksternal lain-lainnya. Oleh karenanya Verval SP melalui Layanan EMIS ini wajib diikuti oleh seluruh lembaga pendidikan yng berada di bawah naungan Kemenag seluruh Indonesia mulai dari tingkat RA, MI, MTs ataupun MA.
Berkaitan yang dengannya hal ini, maka pada peluang di artikel ini kami persembahkan sebuah tatacara lengkap ihwal Tatacara Melakukan Verval SP Melalui Layanan EMIS. Di bawah ini akan kami jelaskan tahapan dan langkah demi langkah yng dilengkapi yang dengannya gambar serta semisal dalam pengisiannya, mulai dari tahap persiapan hingga yang dengannya tahap akhir; yaitu tahap konfirmasi.
Adapun langkah-langkah dalam melakukan verval SP melalui Layanan EMIS merupakan menjdai berikut :

A. Tahap Persiapan Dokumen serta Data

Sebelum Kamu melakukan Verval SP melalui Layanan EMIS secara online, berlebi dahulu Kamu persiapkan beberapa dokumen yang akan di sajikan kali ini; diantaranya merupakan :
  1. Surat Tugas menjdai operator EMIS bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tahun Pelajaran Tahun Ini, file di-scan dalam format pdf yang dengannya ukuran maksimal 200 kb.
  2. Scan SK Pendirian Madrasah;
  3. Scan Ijin Operasional Madrasah;
  4. Scan Piagam Akreditasi;
  5. Scan SK Menkumham;
Catatan :
  • File scan haruslah berasal dari dokumen yng asli (bukan fotokopi)
  • bagi atau bisa juga dikatakan untuk nomor 2 hingga yang dengannya nomor 5, file di-scan dalam format jpg, png, gif ataupun bmp; masing-masing yang dengannya ukuran maksimal 200 kb.
Dari dokumen-dokumen di atas, catatlah nomor SK serta tanggal SK yng terdapat pada SK Pendirian Madrasah, Ijin Operasional, Akreditasi ataupun SK Menkumham sebagaimana yng tertulis pada semisal gambar 1 - 4 di bawah ini:
Tutorial Lengkap Verval SP Melalui Layanan EMIS
Gambar 1. Semisal SK Ijin Pendirian Madrasah

Gambar 2. Semisal SK Ijin Operasional Madrasah

Gambar 3. Semisal SK Akreditasi

Gambar 4. Semisal SK Kemenkumham

Sebelum Verval SP EMIS, setiap operator RA/Madrasah diwajibkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan Pembaharuan ataupun Updating Data SK Operator berupa SK Operator EMIS bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tahun Pelajaran Tahun Ini melalui akun masing-masing di laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/. Yng butuh diingat merupakan bahwasanya SK Operator EMIS yang telah di sebutkan dibuat per tanggal 18 Juli 2016 sesuai yang dengannya awal permulaan tahun ajaran baru ini serta sebelum diupload, dokumen ini Perlu discan serta dibuat dalam format pdf yang dengannya ukuran maksimal 200 kb.
Bagi Kamu yng butuh semisal SK Operator EMIS Tahun Ini, admin sudah menyiapkan filenya dalam format Microsoft Word yng mampu Kamu download di sini

B. Tahapan Verval SP EMIS


Sesudah data serta file dokumen sudah siap dan SK Operator sudah diperbaharui, maka disaat Jadwal Verval SP sudah tiba, maka segeralah bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan verifikasi serta validasi satuan pendidikan ataupun lembaga madrasah Kamu sesuai yang dengannya urutan langkah yang akan di sajikan kali ini :

1. Update Data Pokok Lembaga dan Peta Lokasi Madrasah

  • Buka situs Emis SDM di alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/ serta masukkan email serta password yng Kamu punyai, lantas klik Sign In ataupun tekan enter.

  • Andai telah sukses login, maka Kamu akan muncul penampakan semisal gambar di bawah ini :

  • Andai telah muncul gambar sebagaimana di atas, mulailah proses verval SP ini yang dengannya berlebi dahulu melakukan update data peta lokasi Madrasah Kamu yang dengannya tatacara menempatkan balon berwarna merah tepat ke lokasi madrasah.
  • Bagi Kamu yng telah pernah melakukan update spasial pada era melakukan verval NPSN di akun http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/, maka kami yakin Kamu tak akan menemui kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan update data peta lokasi madrasah di akun emis sdm ini; hal ini dikarenakan tatacara yng dipakai pada prinsipnya percis. Usahakan pada era penempatan balon yng berwarna merah pada peta lokasi madrasah ini menghasilkan titik koordinat yng percis antara yng di kemendikbud ataupun yng terdapat di akun emis.
  • selanjutnya lakukan update data pokok lembaga yang dengannya tatacara klik menu Verval Lembaga serta isikan sebagaimana semisal gambar di bawah ini :


  • Yng butuh diperhatikan dalam pengisian Verval Lembaga merupakan bahwasanya nama RA/Madrasah yng dipakai merupakan nama yng sesuai yang dengannya ijin operasional (Ijop) lembaga yng dikeluarkan oleh Kementerian Agama yng berlaku hingga era ini.
  • Verval Lembaga terdapat 2 kolom, yaitu nama lama merupakan Nama lembaga yng terdapat pada Emis tahun berjalan.
  • Nama baru merupakan nama madrasah yng sesuai yang dengannya Ijin Operasional masing2 lantaran legal formal sebuah madrasah dibuktikan yang dengannya Ijin Operasional yang telah di sebutkan.


2. Update Data SK Pendirian Madrasah

Sesudah melakukan updating data pokok lembaga dan peta lokasi madrasah selesai, maka langkah selanjutnya merupakan melakukan updating data terkait yang dengannya Ijin Pendirian Madrasah.
Pada tahap ini, perhatikan semisal SK Pendirian Madrasah yng ada pada Gambar 1 serta selanjutnya isikan Nomor SK dan Tanggal SK yng telah Kamu persiapkan sebelumnya, lalu isikan sebagaimana semisal di bawah ini :

  • Klik menu Piagam
  • Isi data sesuai dokumen yng Kamu punyai
  • upload file yng telah dipersiapkan
  • tunggu hingga file selesai diupload
  • klik simpen

3. Update Data SK Operasional Madrasah

Pada tahap ini, perhatikan semisal SK Ijin Operasional Madrasah yng ada pada Gambar 2 serta selanjutnya isikan Nomor SK dan Tanggal SK yng telah Kamu persiapkan sebelumnya, lalu isikan sebagaimana semisal di bawah ini :
  • Klik menu Ijin Operasional
  • Isi data sesuai dokumen yng Kamu punyai
  • upload file yng telah dipersiapkan
  • tunggu hingga file selesai diupload
  • klik simpen

4. Update Data SK Piagam Akreditasi

Pada tahap ini, perhatikan semisal SK Piagam Akreditasi yng ada pada Gambar 3 serta selanjutnya isikan Nomor SK dan Tanggal SK yng telah Kamu persiapkan sebelumnya, lalu isikan sebagaimana semisal di bawah ini :
  • Klik menu SK Akreditasi
  • Isi data sesuai dokumen yng Kamu punyai
  • upload file yng telah dipersiapkan
  • tunggu hingga file selesai diupload
  • klik simpen
Catatan : Andaikan RA ataupun Madrasah Kamu belum terakreditasi, maka biarkan kolom ini kosong

5. Update Data SK Kemenkumham yng dimiliki

Ketentuan terbaru sudah mengatur bahwasanya seluruh Yayasan Penyelenggara Pendidikan wajib mempunyai SK Kemenkumham. Bagi lembaga madrasah yng didirikan oleh yayasan serta belum mempunyai SK Kemenkumham ini, maka diwajibkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera mengurus; serta andaikan hingga batas waktu yng ditentukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pelaksanaan Verval SP Emis, sementara SK Kemenkumham masih dalam proses pengurusan, maka mampu melampirkan Surat keterangan dari Notaris.
Pada tahap ini, perhatikan semisal SK Kemenkumham yng ada pada Gambar 4 serta selanjutnya isikan Nomor SK dan Tanggal SK yng telah Kamu persiapkan sebelumnya, lalu isikan sebagaimana semisal di bawah ini :

  • Klik menu SK Kemenkumham
  • Isi data sesuai dokumen yng Kamu punyai
  • upload file yng telah dipersiapkan
  • tunggu hingga file selesai diupload
  • klik simpen

B. Tahap Konfirmasi

Tahap Konfirmasi adalah tahap akhir dalam sebuah proses verifikasi serta validasi yng sudah Kamu lakukan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, sebelum melakukan konfirmasi, berlebi dahulu cek serta telaah sekali lagi seluruh data yng sudah Kamu masukkan. Pastikan bahwasanya seluruh data yng sudah Kamu masukkan telah benar serta valid serta manakala Kamu telah terasa yakin benar serta valid, barulah Kamu klik menu Konfirmasi yng ada di sebelah kanan atas.
Yang dengannya melakukan konfirmasi, maka seluruh data yng sudah Kamu masukkan terkait Verval SP ini akan terkirim ke servet pusat serta sesudah itu umumnya akses Kamu akan tertutup menjadikan tak akan mampu melakukan perbaikan data lagi. Oleh karenanya kami sarankan agar jangan sekali-kali menekan menu Konfirmasi kalau memanglah Kamu belum benar-benar yakin.
Demikian tatacara yng mampu kami bagikan ihwal tahapan dan langkah demi langkah dalam melakukan Verval SP Melalui Layanan EMIS.
Tidak lebih lebihnya mohon maaf serta mudah-mudahan panduan ini bisa membantu dan berguna.
Salam EMIS !!!!

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.alfalahtalun.com/2016/07/tutorial-lengkap-verval-sp-melalui.html

Seputar Panduan Lengkap Verval SP Melalui Layanan EMIS serta Semisal Pengisiannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Panduan Lengkap Verval SP Melalui Layanan EMIS serta Semisal Pengisiannya