Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!

- 18.21

Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!

 

Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!! - Setiap madrasah mempunyai kewajiban bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengupdate data madrasah ataupun data PTK setiap semester. Madrasah mempunyai dua program App dalam mengupdate data madrasah ataupun PTK, yakni melalui EMIS serta SIMPATIKA. Kedua program App yang telah di sebutkan merupakan App penting dalam hal pengupdate-tan database madrasah serta PTK. Telah kita ketahui sekrang, bahwasanya dalam pemograman EMIS itu di lakukan setiap semester dalam setiap satu tahun pelajaran. Malah SIMPATIKA sendiri, baik madrasah ataupun PTK Perlu mengaktifkan database masing-masing, andai tak maka database orang-orang akan ditangguhkan malah dihapus permanen.
Kebanykan madrasah ataupun PTK selalu menganggap Remeh data, baik data EMIS ataupun SIMPATIKA. Ramai sekali madrasah serta PTK yng menyerahkan pengupdate-tan database orang-orang kepada Operator Madrasah, Khususnya dalam program SIMPATIKA. Seharusnya para PTK melakukan pengaktifan ataupun pengupdate-tan database orang-orang secara individu, lantaran itu data masing-masing. Jikalau tak mampu, maka berikan pengupdate-tan data kepada operator namun dalam bimbingan, agar data yng diupdate tak keliru. Bukan kah kita telah tau, bahwasanya tunjangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk guru saat ini didasari database yng ada pada SIMPATIKA. Oleh lantaran itu, jangan Pernah Meremehkan data.
Menjdai analisis, kami sudah mengutip dari website resmi DIRJEN PENDIS (22/04/2016), Kutipan yang telah di sebutkan berisi semisal ini :
Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam mengungkapkan beberapa syarat data yng bermutu guna mendukung perencanaan program pendidikan Islam yng transparan serta akuntabel, diantaranya : 1) obyektif; 2) representatif; 3) akurat; 4) update; serta 5) relevan. Himbauan yang telah di sebutkan disampaikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan proses pendidikan Islam yng bisa atau mampu menopang bonus demografi penduduk Indonesia dasawarsa ini.
Data EMIS (Education Management Information System) dikelola unit khusus pengelola pendidikan Islam di lingkungan Kementerian Agama era ini sudah dipakai menjdai data rujukan yng akurat serta valid diakui oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) diharapkan bisa menyediakan data serta system berita yng bermutu bagi seluruh stakeholder Ditjen Pendidikan Islam. Setiap Direktorat di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam bekerja didasari data, tak mungkin ada perencanaan serta pelaksanaan tanpa adanya data yng menjadi dasar pertimbangan (baseline).
"Secara teoritik kita tahu bagaimana data yang baik, namun seringkali kita masih menganggap remeh data tersebut. Jangan pernah sekali-kali remehkan data, kita tidak boleh bermain-main dengan data karena data sangat penting. Sekali salah bisa dipidana, apalagi jika terbukti melakukan kebohongan publik," ujar Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Moh. Ishom Yusqi, MA dalam arahannya di kegiatan Koordinasi serta Evaluasi Data Pendidikan Islam TP Tahun Ini di Bogor (18/04/16).
Menurutnya data Perlu : 1) obyektif (sesuai keadaan yng sebetulnya); 2) representatif (mewakili obyek masalah yng diteliti; 3) akurat (tingkat kesalahan yng kecil); 4) update (diperbaharui secara terjadwal); 5) relevan (ada hubungan yng kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai lebih lanjut).
Dalam acara yng bertemakan "Koordinasi dan Evaluasi Data Pendidikan Islam Kita Wujudkan Pendataan EMIS yang berkualitas untuk mendukung perencanaan program Pendidikan Islam yang Transparan dan Akuntabel," seluruh Kepala Seksi System Berita Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia akan mendapatkan materi-materi yng disampaikan yaitu: a) Kebijakan Integrasi Data serta Berita Kementerian Agama; b) Paparan Capaian Updating Data EMISMadrasah TP Tahun Ini; c) System Berita Perencanaan (e-Planning) Program Pendidikan Islam; d) Pengenalan App Desktop EMIS PAKIS; e) Pengelolaan Data Rujukan Pendidik serta Peserta Didik.
Data menjdai bahan baku system berita pendidikan Islam khususnya Perlu memberi jaminan minimal lima kualitas data yng baik semisal disebutkan diatas yang dengannya demikian seluruh entitas unsur pendukung program pendidikan Islam bisa atau mampu melaksanakan koordinasi serta evaluasi data pendidikan Islam menjadikan bisa atau mampu mewujudkan pendataan EMIS yng mempunyai kualitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung perencanaan program pendidikan Islam yng transparan serta akuntabel.
Sumber : http://pendis.kemenag.go.id/ Mudah-mudahan tulisan atau artikel kami ini wacana Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!! bisa memberikan berita yng berguna bagi kamu semuanya.
Sekian dulu dari kami, tidak lebih serta lebihnya mohon maaf. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar anda sekalian andai ini membantu serta Share andai berita ini penting serta bermanfaat bagi orang tidak sedikit. Thanks.
Lihat pula :
  • Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Ini Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Madrasah
  • Buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran Tahun Ini
  • Ketentuan-Ketentuan Program Simpatika Terbaru Per 1 April 2016
  • Tatacara serta Prosedur Pengesahan Ajuan SKMT PTK oleh Kepala Madrasah Di SIMPATIKA
  • Kepala Madrasah Berstatus PNS Pendapat dari PMA No. 29 Tahun 2014

"Sumber Rujukan Serta Gambar : http://www.info-madrasah.com/2016/04/jangan-pernah-remehkan-data-emis.html "

Seputar Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!