Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013
Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 | Referensi terbaru di 2017 via web Info Madrasah Terbaru. Rekomendasi konten lengkap terbaik. - Info Madrasah Terbaru. Artikel ini di beri judul Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013. Konten ini untuk anda pembaca setia https://infomadrasah-terbaru.blogspot.com/. Bagikan juga postingan Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 terbaru ini ke media kalian. Supaya blog seputar Info Madrasah Terbaru dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Info Madrasah Terbaru di 2017 ini. Langsung saja baca dan simak mengenai Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 di bawah ini dari situs web Info Madrasah Terbaru.
Sahabat Alfata
Secara umum, silabus merupakan adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran ataupun tema tertentu yng mencakup Kompetensi Inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, serta sumber belajar.
Terkait yang dengannya Silabus PAI serta Bahasa Arab, yang akan di sajikan kali ini adalah langkah-langkah penting yng Perlu diketahui oleh guru madrasah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Agama 2013
1. Menganalisis SKL, KI, serta KD
- urutan didasari hierarki konsep disiplin ilmu serta/ataupun tingkat kesulitan materi, tak Perlu selalu sesuai yang dengannya urutan yng ada di SI;
- keterkaitan antara kompetensi inti serta kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
- keterkaitan antara kompetensi inti serta kompetensi dasar lintas mata pelajaran.
2. Merumuskan Indikator
indikator diturunkan dari kompetensi dasar yng dijabarkan yang dengannya kata operasional yng bisa diukur. Indikator yng diturunkan merupakan indikator yng berasal dari KD dari KI-3 serta KD dari KI-4, indikator-indikator yang telah di sebutkan diturunkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan materi pembelajaran. Adapun bagi atau bisa juga dikatakan untuk penilaian pengetahuan serta keterampilan bisa dilihat dari indikator KD dari KI-3 serta KD dari KI-4, sedangkan penilaian sikap dari KD KI-1 serta KD KI-2 bisa dilihat pada Kegiatan Pembelajaran baik secara langsung ataupun tak langsung. Indikator ini merupakan indikator esensial yng masih bisa dikembangkan.
3. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yng menunjang pencapaian kompetensi dasar yang dengannya mempertimbangkan:
- potensi peserta didik;
- relevansi yang dengannya karakteristik daerah,
- tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, serta spiritual peserta didik;
- kebermanfaatan bagi peserta didik;
- struktur keilmuan;
- aktualitas, kedalaman, serta keluasan materi pembelajaran;
- relevansi yang dengannya kebutuhan peserta didik serta tuntutan lingkungan; serta
- alokasi waktu.

4. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pengalaman belajar yng melibatkan proses mental serta fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik yang dengannya guru, lingkungan, serta sumber belajar lain-lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yng dimaksud bisa terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yng bervariasi serta berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yng butuh dikuasai peserta didik.
Hal-hal yng Perlu diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran merupakan menjdai berikut.
- Kegiatan pembelajaran disusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar bisa melaksanakan proses pembelajaran secara efektif.
- Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yng Perlu di lakukan oleh peserta didik secara berurutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kompetensi dasar.
- Penentuan urutan kegiatan pembelajaran Perlu sesuai yang dengannya hierarki konsep materi pembelajaran.
- Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal memiliki kandungan dua unsur penanda yng mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yakni kegiatan siswa serta materi pembelajaran.
5. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator adalah penanda pencapaian kompetensi dasar yng ditandai oleh perubahan perilaku yng bisa diukur yng mencakup sikap, pengetahuan, serta keterampilan.Indikator dikembangkan sesuai yang dengannya karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah serta dirumuskan dalam kata kerja operasional yng terukur serta/ataupun bisa diobservasi. Indikator dipakai menjdai dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun teknis serta alat penilaian.
6. Penentuan Jenis Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik di lakukan didasari indikator. Penilaian di lakukan yang dengannya mempergunakan tes serta non tes dalam bentuk tertulis ataupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek serta/ataupun produk, penggunaan portofolio, serta penilaian diri.
Penilaian adalah serangkaian kegiatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan, menganalisis, serta menafsirkan data ihwal proses serta hasil belajar peserta didik yng di lakukan secara sistematis serta berkesinambungan, menjadikan menjadi berita yng bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hal-hal yng butuh diperhatikan dalam penilaian.
- Penilaian diarahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
- Penilaian mempergunakan acuan kriteria; yakni didasari apa yng mampu di lakukan peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran, serta bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
- System yng direncanakan merupakan system penilaian yng berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti seluruh indikator ditagih, lantas hasil nya dianalisis bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan kompetensi dasar yng sudah dimiliki serta yng belum, dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
- Hasil penilaian dianalisis bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan tindak lanjut. yng berupa perbaikan proses pembelajaran selanjutnya, program remedi bagi peserta didik yng pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, serta program pengayaan bagi peserta didik yng sudah memenuhi kriteria ketuntasan.
- System penilaian Perlu disesuaikan yang dengannya pengalaman belajar yng ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, andai pembelajaran mempergunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi Perlu diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, ataupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yng berupa berita yng dibutuhkan.
7. Menentukan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif serta alokasi waktu mata pelajaran per minggu yang dengannya mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, serta tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yng dicantumkan dalam silabus adalah perkiraan waktu rerata bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguasai kompetensi dasar yng dibutuhkan oleh peserta didik yng beragam.
8. Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan rujukan, objek serta/ataupun bahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan pembelajaran, yng berupa media cetak serta elektronik, narasumber, dan lingkungan fisik, alam, sosial, serta budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi serta kompetensi dasar dan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta indikator pencapaian kompetensi.
Demikian Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 yng butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui oleh guru madrasah.
Mudah-mudahan memberikan manfaat
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.alfalahtalun.com/2016/06/langkah-langkah-dalam-pengembangan.html
Seputar Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013
Terima kasih telah membaca Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013. Semoga pos dari situs web Info Madrasah Terbaru berguna dan memberi manfaat. Baik untuk anda dan buat website
Info Madrasah Terbaru. Silakan berbagi ulasan Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Info Madrasah Terbaru melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog Info Madrasah Terbaru untuk mendapat info lengkap terbaru 2017. Lalu baca pembahasan selain dari : Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013 yang lebih terupdate lengkap dan free. Atau simak artikel gratis terkait dari situs web Info Madrasah Terbaru di bawah. Demikan dan sekian tentang Langkah-langkah dalam Pengembangan Silabus Kurikulum Madrasah 2013. Dan Assalamualaikum pembaca Info Madrasah Terbaru.