Memahami Taktik Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah

- 18.00

Memahami Taktik Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah

 

Pendidikan Karakter di Sekolah/Madrasah
Sahabat Abdima, Taktik pelaksanaan pendidikan karakter yng diterapkan di sekolah/madrasah bisa di lakukan melalui empat tatacara, yakni :
  1. Pembelajaran (teaching);
  2. Keteladanan (modeling);
  3. Penguatan (reinforcing);
  4. Pembiasaan (habituating).
Efektivitas pendidikan karakter Amat ditentukan oleh adanya pembelajaran (teaching), keteladanan (modeling), penguatan (reinforcing), serta pembiasaan (habituating) yng di lakukan secara serentak serta berkelanjutan.
Advertisement
Adapun pendekatan yng strategis terhadap pelaksanaan ini melibakan tiga komponen yng saling terkait satu percis lain, yakni :
  1. Sekolah/Madrasah/kampus;
  2. Keluarga, serta
  3. Masyarakat.
  • Disaat komponen sekolah/madrasah (kampus) sepenuhnya akan menerapkan serta melaksanakan nilai-nilai (karakter) tertentu (prioritas), maka setiap nilai yng akan ditanamkan ataupun dipraktikkan yang telah di sebutkan Perlu senantiasa disampaikan oleh para guru melalui pembelajaran langsung (menjdai mata pelajaan) ataupun mengintegraskannya ke dalam setiap mata pelajaran.
  • Nilai-nilai prioritas yang telah di sebutkan selanjutnya Perlu pula dimodelkan (diteladankan) secara teratur serta berkesinambungan oleh seluruh warga sekolah (kampus), sejak dari petugas parkir, petugas kebersihan, petugas keamanan, karyawan administrasi, guru, serta pimpinan sekolah.
  • Selanjutnya, nilai-nilai itu Perlu diperkuat oleh penataan lingkungan serta kegiataan-kegiatan di lingkungan sekolah (kampus). Penataan lingkungan di sini antara lain yang dengannya menempatkan banner (spanduk-spanduk) yng mengarah serta memberikan dukungan bagi terbentuknya suasana ke hidup-an sekolah (kampus) yng berkarakter terpuji. Penguatan bisa juga di lakukan yang dengannya melibatkan komponen keluarga serta masyarakat. Komponen keluarga meliputi pengembangan serta pembentukan karakter di rumah. Pihak sekolah (kampus) bisa melibatkan para orang tua bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih peduli terhadap perilaku para anak-anak orang-orang. Sedangkan komponen masyarakat ataupun komunitas secara umum merupakan menjdai wahana praktik ataupun menjdai alat kontrol bagi perilaku siswa dalam mengembangkan serta membentuk karakter orang-orang. Pihak sekolah (kampus) bisa melakukan komunikasi serta interaksi yang dengannya keluarga serta masyarakat ini dari waktu ke waktu secara periodik.
  • Pembiasaan (habituation) bisa di lakukan di sekolah yang dengannya aneka macam tatacara serta menyangkut tidak sedikit hal semisal disiplin waktu, etika berpakaian, etika pergaulan, perlakuan siswa terhadap karyawan, guru, serta pimpinan, serta sebaliknya. Pembiasaan yng di lakukan oleh pimpinan, guru, siswa, serta karyawan, dalam disiplin suatu lembaga pendidikan adalah langkah yng Amat strategis dalam mebentuk karakter secara bersama.
Ditulis Oleh : Ajat Sudrajat Dosen FIS UNY
Demikian tulisan atau artikel mengenai Memahami Taktik Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah, mudah-mudahan ada manfaatnya._Abdi Madrasah

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.abdimadrasah.com/2015/05/memahami-strategi-pelaksanaan-pendidikan-karakter-di-madrasah.html

Seputar Memahami Taktik Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah

 

Cari Artikel Selain Memahami Taktik Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah