Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016

- 02.00

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016

 

Sahabat Abdima, Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwasanya dalam pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 di SD/MI dari Kelas I hingga yang dengannya Kelas VI dilaksanakan menjdai pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran yang dengannya pendekatan tematik ini mencakup beberapa kompetensi mata pelajaran yakni : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya serta Prakarya, serta Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kebugaran atau kesehatan. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama serta Budi Pekerti tak salah satunya mata pelajaran dalam tematik.
Pembelajaran tematik dilaksanakan di seluruh kelas di SD baik di kelas I-III (kelas rendah) ataupun kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA serta IPS yng berdiri sendiri akan tetapi muatan IPA serta IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016
Pembelajaran tematik terpadu adalah pendekatan pembelajaran yng mengintegrasikan aneka macam kompetensi dari aneka macam mata pelajaran ke dalam aneka macam tema. Penentuan tema yng dijadikan menjdai ide besar dari pembelajaran yng menghubungkan konsep serta kompetensi yng ingin dicapai oleh peserta didik.
Pendekatan ini dimaksudkan agar peserta didik tak belajar secara parsial menjadikan pembelajaran bisa memberikan makna yng utuh pada peserta didik semisal yng tercermin pada aneka macam tema yng tersedia. Tema yng pilih sedapat mungkin didekatkan yang dengannya hal-hal yng dialami peserta didik.
Silabus Tematik Terpadu Silabus tematik yng dikembangkan oleh Pusat Kurikulum serta Perbukuan adalah suatu model, satuan pendidikan bisa mengembangkan silabus tematik yang dengannya mengambil tema yng disesuaikan yang dengannya karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan pula bisa langsung mempergunakan model silabus ini ataupun bisa pula yang dengannya mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan.
Silabus Tematik SD/MI disusun yang dengannya format serta penyajian/penulisan yng simpel menjadikan gampang dipahami serta dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tak terlalu tidak sedikit halaman akan tetapi lingkup serta substansinya tak berkurang, dan tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi serta kompetensinya.
Bagi sahabat Abdima yng butuh Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016 Silahkan download DISINI
Silabus Mata Pelajaran SD/MI Silabus Tematik Terpadu SD/MI sudah disusun oleh Pusat Kurikulum serta Perbukuan menjdai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Akan tetapi demikian, bagi guru yng ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, Pusat Kurikulum serta Perbukuan pula sudah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada SD/MI agar bisa dipakai oleh guru menjdai acuan dalam penyusunan.
Penyusunan silabus ini di lakukan yang dengannya prinsip keselarasan antara ide, desain, serta pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), serta bermakna bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelajari (worth to learn) menjdai bekal bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke hidup-an serta kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus Per Mata Pelajaran pada SD/MI ini bersifat fleksibel, kontekstual, serta memberikan peluang kepada guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan serta melaksanakan pembelajaran, dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip yang telah di sebutkan, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran.
Uraian pembelajaran yng terdapat dalam silabus adalah pengganti kegiatan yng dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran yang telah di sebutkan adalah pengganti serta inspiratif menjadikan guru bisa mengembangkan aneka macam model yng sesuai yang dengannya karakteristik masing-masing mata pelajaran.
Bagi sahabat Abdima yng butuh Silabus Per Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016 Silahkan download DISINI
Demikian info mengenai Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Edisi Revisi 2016, mudah-mudahan ada manfaatnya._Abdi Madrasah

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.abdimadrasah.com/2017/01/silabus-kurikulum-2013-sd-mi-edisi-revisi-2016.html

Seputar Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016